About U B E R

07.54





Oke, sekarang kita mulai. Siapa yang sampai saat ini belom tahu apa itu Uber?

Uber adalah aplikasi  dalam memenuhi kebutuhan transportasi privat di dalam kota. Disini yang aku garis bawahi adalah aplikasi dan privat. Nah mengapa aplikasi? Karena memang this is just another simple and tremendous mobile application both works on Android and Apple devices. Kalo privat? Hmm, ini karena kita akan mendapatkan pelayanan privat ketika menggunakan Uber seperti sebuah eksekutif taksi.
Kalau kita perhatikan sejarahnya, Uber adalah sebuah perusahaan jaringan transportasi yang berpusat di California, Amerika sana. Merekalah yang menciptakan aplikasi dan dinamakan sesuai dengan nama perusahaannya, Uber. Beberapa menyebutnya sebagai Uber Taxi karena memang layanan dalam aplikasi ini mengkoneksikan antara pemilik mobil dan penggunanya yang fungsinya layaknya sebuah taksi
Dibalik kedatangan Uber ke Indonesia, Uber bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan peranan perusahaan rental mobil dalam memberikan pelayanan moda transportasi terbaik kepada masyarakat, di tengah padatnya kesibukan dan kemacetan kota besar, khususnya kota Jakarta, Bandung, Surab dan Bali.
Sampai saat ini di Jakarta, armada yang tergabung dalam Uber dikategorikan menjadi tiga jenis. Pertama UberX. Mobil yang masuk kategori ini biasanya Avanza, Xenia, dan Ertiga. Kemudian ada yang namanya UberBLACK. Kategori ini lebih premium dan tarifnya pun sedikit lebih mahal. Mobil yang masuk dalam kategori ini : Innova, Honda CR-V, Nissan X-Trail, Pajero Sport, Nissan Elgrand, Toyota Alphard, dan beberapa mobil mewah lainnya. 
Nahhhh kita masuk ke intinya, disini saya akan mengungkapkan beberapa fakta informatif dan menarik tentang Uber nih ;
Murah 
Yap, tidak bisa dipungkiri memang tarif Uber itu lebih murah 30% dibandingkan dengan taksi konvensional (Bluebird, Express, Taxiku, dll). Sampai saat ini mulai dari buka pintu sampai tarif per kilometernya jika menggunakan UberX lebih murah 30%. Tarifnya pun sangat jelas terdiri dari rental cost, fuel cost and driver cost. Trip saya menggunakan UberX dari Jatiwaringin ke Ciledug hanya 83ribu rupiah. Selain itu dari Bandara ke Ciledug juga hanya 80ribu. (biaya toll di tanggung penumpang)
 Lumayan juga kan ya?
Nyaman
Well untuk yang satu ini sebenernya hampir sama dengan taksi konvensional. Rasanya sama-sama nyaman. Rasa nyaman kaya naik mobil sendiri sih, sejujurnya aku kurang suka sama bau nya taksi dari kecil ngga tau kenapa, haha- .Perbedaan kenyamanan akan benar-benar terasa kalau kita naik UberBlack mobil yang premium. Yah perbandingannya seperti naik mobil mewah dan biasa kali ya.
Cashless
Yap ini fitur utama yang menjadi poin keunggulan Uber. Namun, sekarang Uber sudah terdapat layanan cash walaupun masih random ya, ngga semua pendaftar bisa dapat fitur cash. Jadi kita bisa add payment Credit Card & Cash. Dan juga bisa menggunakan Debit Mandiri, ya hanya Mandiri. Nanti kalau sudah ada informasi terbaru akan aku update disini yaa.
Kalau kalian mau pakai Debit, tetap aja lakukan step yang sama walaupun hanya ada option ini ya :)
Kontroversi
Kehadiran Uber di kota besar baik di Indonesia maupun di belahan negara lain di luar sana banyak mengundang kontroversi dari berbagai pihak. Terutama terkait dengan soal perizinan transportasi dan sistem perpajakan perusahaan itu sendiri. Akan tetapi hal tersebut sudah diluruskan oleh Uber : Jakarta-Fact
Cemilan dan Minuman
Beberapa kali aku naik Uber memang selalu disediakan cemilan baik itu berbentuk sekedar permen sampai beberapa buah Bengbeng. Kalau perihal minuman biasanya tersedia aqua botol mulai dari kecil sampai ukuran tanggung. Tapi beberapa kali juga aku naik Uber tidak disediakan cemilan maupun minuman sedikitpun. Padahal itu naik UberBlack. Jadi, tergantung driver hehe.
Disamping makanan dan cemilan ada beberapa armada yang menyediakan tissue dan tempat sampah. Yes, tissue itu hal simple tapi bikin nyaman. Contohnya kalo idung kita lagi gatel trus kalo ga ada tissue mau gimana coba? Hehe
Waktu Tunggu
Kita hidup di Jakarta kota termacet di dunia! Ketika kita pesan Uber, posisi armada yang akan menjemput kita akan terlihat di dalam peta. Akan tetapi karena kita ada di Jakarta yang super-duper-macet ini, terutama di jam kantor dan di tengah kota, walaupun posisi armada sudah di seberang jalan, bisa menyebabkan waktu tunggu yang cukup lama juga! Waktu tunggu macet itu tidak bisa diperhitungkan oleh aplikasi. Karena walaupun sudah tertulis 10 menit misalnya, bisa jadi 20 atau 30 menit lagi baru sampai di depan kita. Yah semua memang tergantung kondisi traffic. Ini adalah plus minus dibandingkan dengan menggunakan taksi konvensional yang biasanya selalu tersedia di area Mal atau tinggal melambaikan tangan di pinggir jalan.
Dynamic Pricing
Ini salah satu hal penting dan krusial yang harus diperhatikan. Mulai bulan Maret kemarin Uber menetapkan tarif dinamis. Bagaimana perhitungannya? Biasanya di jam padat dan area padat pula yang banyak memesan Uber sedangkan armada terbatas, maka tarif dinamis akan diberlakukan. Semakin banyak permintaan Uber di saat dan di lingkup tempat tersebut dan armada yang tersedia sedikit maka akan diberlakukan Surge Pricing. Istilah surge pricing ini sama dengan multiplier, yang artinya biaya perjalanan kita akan di kali berlipat sesusai dengan jumlah pengalinya! Dan ini akan diinformasikan ketika kita akan memesan Uber. Awalnya aku kira surge pricing ini hanya akan mengalikan biaya buka pintu saja. Ternyata tidak. Total biaya perjalanan kita akan dikali lipat.
Yang tadinya biaya perjalan hanya 30.500 rupiah, ternyata total tarif menjadi 112.500. Saran aku tunggu beberapa menit, harganya akan normal kembali :)
Penyelesaian Perjalanan
Ini juga merupakan hal yang sangat-sangat penting. Walaupun kita percaya bahwa supir di Uber semuanya sudah kompeten, jujur dan integritas tinggi tapi yang namanya manusia yah ada aja kadang lupanya. Maksud dari penyelesaian perjalanan disini adalah setiap kali kita sudah sampai di tujuan, pastikan supir menyelesaikan trip di aplikasi Ubernya dengan men-slide tombol di layarnya. Dan kita sudah menerima total tarif di email. Karena biaya perjalanan akan langsung ter-charge ke kartu kredit secara otomatis saat supir menyelesaikan perjalanan (end trip) di aplikasinya. Ini sangat penting karena jika ketika sudah sampai tujuan dan kita langsung keluar dan supir pun lupa atau sengaja tidak mematikan trip, atau baru mematikan trip 2km dari tempat tujuan misalnya, jelas kita yang rugi! 
Rating
Setiap kita selesai menggunakan layanan Uber, maka kita harus mengisi rating driver yang melayani kita. Begitu juga sebaliknya, driver akan mengisi rating  untuk kita juga. Apa guna rating? Yang jelas untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan baik untuk driver dan juga untuk penumpang.
Did you know? 
Konon katanya kalau kita sudah order Uber, dan sudah ada tulisan Your Uber is on the way, supir tidak diperbolehkan untuk mengcancel order yang diterima. Karena jika dilakukan maka rating driver akan otomatis turun dan jika dilakukan sampai 3x maka akun supir tersebut di Uber akan otomatis diblokir! Saya sudah mengalami di-cancel oleh supir yang menerima pesanan saya. Kalau kita yang cancel, akan dikenakan biaya 30ribu rupiah. Tapi kalo supir yang cancel, yah ga kena biaya apa-apa.
Nah, bagi kalian yang belum pernah coba Uber, aku saranin kalian coba deh. Aku ngerasa nyaman dan emang selalu pakai Uber semenjak kenal Uber. Aplikasinya elegan menurut ku tampilannya, suka banyak promo dan promonya beda dari pada yang lain, contohnya waktu itu ada promo UberChopper, jadi kita di kasih kesempatan untuk naik helikopter! cuma karena traffic rider nya banyak sekali, aku ngga bisa cobain. Selain itu, waktu hari ibu ada promo BungaIbu, dan yang terakhir promo untuk jumlah trip terbanyak yang hadiah utamanya bisa dinner di HardRock Cafe, Pasific Place. Seru-seru kan promonya?
Yuk download Uber deh dan masukin kode promonya di bawah ini ..

BAJKTAYURAMA 


Dan kalian otomatis dapet free-trip up to Rp. 100.000 loh! Bagi yang udah pernah pake Uber, tenang kalian masih bisa dapetin free-trip nya dengan cara sign up ulang pakai email dan nomer telefon yang berbeda, setelah nomer tlp kalian sudah di verifikasi, silahkan menikmati free-ride nya  :)
Oh iya, ini hanya sekali perjalanan ya
Jadi, misal perjalanan kalian tarifnya hanya Rp 50.000, sisanya hangus. Jadi ngga tersimpan ya. Saranku, kalau dikit kaya gitu tarifnya, meningan ke tempat jauh aja pakainya atau cobain UberBLACK nya, lumayan kan ;)

(Berlaku sampai akhir Februari 2016)

Kalau ada pertanyaan atau masalah seputar Uber, silahkan hubungi Email ini . Ya, Uber belum ada nomer telp nya, tapi kalian bisa konsultasi lewat email :). 

Dan, jika ada pertanyaan seputar Kode promo Uber aku "BAJKTAYURAMA  ", silahkan kamu hubungi aku via 
email
id line: athayags
instagram aku @athayags
atau comment below ya 


UBER Brand Ambassador



X o X o


Athaya Ghina



You Might Also Like

3 komentar

  1. Thanks for the info๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  2. Thank you for share

    BalasHapus
  3. Free ride new user uber bisa pake kode gw aja gan, masih valid dan belom kepake banyak

    krishnar356ue

    https://www.uber.com/invite/krishnar356ue

    BalasHapus